OPTIMALISASI PELAYANAN PUBLIK MELALUI DIGITALISASI ARSIP SURAT MENYURAT DI KANTOR KELURAHAN

Authors

  • Akhmad Yani 3Perencanaan Wilayah dan Kota, Universitas 17 Agustus 1945 Samarinda
  • Rusdi Doviyanto 3Perencanaan Wilayah dan Kota, Universitas 17 Agustus 1945 Samarinda
  • Mulyadi 3Perencanaan Wilayah dan Kota, Universitas 17 Agustus 1945 Samarinda
  • Ansari USK PSDKU Gayo Lues, Aceh

DOI:

https://doi.org/10.65055/bhaktijivana.v2i2.41

Keywords:

Digitalization, Public Service, E-Archive

Abstract

Kegiatan pengabdian  ini bertujuan untuk mengoptimalisasi pelayanan publik di Kantor Kelurahan Karang Mumus, Samarinda, melalui digitalisasi arsip surat menyurat yang selama ini masih dilakukan secara konvensional. Metode yang digunakan dalam pengabdian kepada masyarakat ini adalah pelatihan dan pendampingan praktis yang dilaksanakan dalam satu hari, yaitu pada 20 Juni 2025. Efektivitas program diukur secara kuantitatif dengan menggunakan pendekatan pre-test dan post-test. Hasil evaluasi menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada rata-rata nilai staf, dari 46 pada pre-test menjadi 92 pada post-test. Peningkatan hampir sebesar 100% ini membuktikan bahwa program pelatihan dan pendampingan yang singkat sangat efektif dalam meningkatkan pemahaman dan keterampilan staf. Meskipun program satu hari ini berhasil memberikan bekal dasar, disimpulkan bahwa keberlanjutan dan keberhasilan jangka panjang membutuhkan pengembangan lebih lanjut, seperti pendampingan berkala dan implementasi sistem manajemen arsip elektronik (E-Arsip) yang lebih komprehensif.

Downloads

Published

2025-09-09