KAJIAN ETNOPEDAGOGI DAN PEMBELAJARAN ABAD 21 DI LINGKUNGAN MUSYAWARAH GURU MATA PELAJARAN (MGMP) MATA PELAJARAN IPS SMP KABUPATEN SUBANG 2024

Authors

  • Lili Halimah STKIP Pasundan
  • Jajang Hendar Hendrawan Program Studi Pendidikan IPS Program Magister, STKIP Pasundan, Cimahi, Jawa Barat
  • Arnie Fajar Program Studi Pendidikan IPS Program Magister, STKIP Pasundan, Cimahi, Jawa Barat
  • Heni Heryani Program Studi Pendidikan IPS Program Magister, STKIP Pasundan, Cimahi, Jawa Barat

Keywords:

Revolusi industry 4.0, Digitalisasi, , Sumber Daya Manusia, Pengabdian Kepada Masyarakat

Abstract

Revolusi industri 4.0 telah menjadi fenomena penting di banyak bidang, termasuk pendidikan. Siswa harus menggunakan teknologi digital dan meningkatkan sumber daya manusia untuk beradaptasi dengan perubahan saat ini. Untuk itu Guru Mata Pelajaran Pendidikan IPS harus beradaptasi dan memanfaatkan teknologi digital dalam pembelajaran. Untuk itu kami memberikan penyegaran bagi Guru di lingkungan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Mata Pelajaran IPS di Kabupaten Subang melalui kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat. Tujuan Pengabdian kepada Masyarakat adalah untuk memberikan pemahaman baru melalui teori dan praktek dalam proses pmbelajaran dalam menghadapi revolusi industri 5.0. Guru Pendidikan IPS dalam menghadapi perubahan zaman harus menjadi lebih dari hanya ide atau teori; harus menjadi pembelajaran yang menarik dan menyenangkan, menumbuhkan rasa ingin tahu yang tinggi, kepekaan sosial, kolaborasi tim, pemikiran kritis, dan kemampuan pemecahan masalah. Pentingnya Pendidikan IPS tidak hanya membuat peserta didik tidak hanya memiliki kecerdasan yang tinggi, tetapi mereka juga harus menjadi warga negara yang baik, sosial, berakhlak, dan berkarakter. Oleh karena itu, untuk menghadapi tantangan di era ini, sekolah, keluarga, masyarakat, dan pemerintah harus bekerja sama untuk meningkatkan kualitas pendidikan di era revolusi industri 4.0.

Downloads

Published

2025-05-11